Text
Anak jalanan dan pendidikan formal : studi tentang persepsi anak jalanan di Sekolah Masjid Terminal "Master" Indonesia jenjang SMP Kota Depok, Provinsi Jawa Barat
ABSTRAK
ADE NURAINI, PERSEPSI ANAK JALANAN TENTANG PENDIDIKAN (Studi Kualitatif Di Sekolah Masjid Terminal “Master" Indonesia Jenjang SMP Kota Depok, Provinsi Jawa Barat). Skripsi: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juli, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anak jalanan tentang pendidikan formal di SMP Master Indonesia Depok yang ditinjau dari aspek pengetahuan tentang tujuan pendidikan yang diperoleh dari kegiatan proses pembelajaran di kelas dan proses kegiatan pengembangan keterampilan, yang dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2015.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dukumentasi. Sumber data yang diperoleh terdiri dari informan kunci yaitu ketua divisi sosial sekolah Master dan kepala sekolah SMP Master, serta informan inti yaitu lima anak jalanan yang masih aktif bersekolah di SMP Master Depok.
Hasil penelitian persepsi anak jalanan tentang pendidikan formal di SMP Master Indonesia Depok menunjukkan bahwa anak jalanan mempersespsikan pendidikan sebagai hal yang penting untuk kehidupan mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi anak jalanan tentang pendidikan formal yang didapat saat menjalani proses pembelajaran di kelas, kegiatan pengembangan keterampilan, dan bimbingan dari tutor yang mengajar serta peran dari tutor yang menjabat sebagai student center atau yang sering dikenal dengan sebutan guru BP telah berhasil mengubah persepsi anak jalanan tentang pendidikan formal ke arah yang lebih baik. Faktor-faktor ini diantaranya, faktor personal yang mencangkup pengalaman yang dilihat dari pengalaman hidup sendiri dan pengalaman oranglain, motivasi dari diri sendiri yang berawal dari sebuah motivasi yang diberikan oleh orangtua, tutor dan staf SMP Master Depok, serta kepribadian yang beragam dari setiap informan, faktor situasional yang merupakan situasi lingkungan yang kondusif untuk mendukung anak jalanan menjalani pendidikan agar anak jalanan memiliki persepsi yang positif tentang pendidikan. Lalu terdapat faktor lain yang ditemukan di lapangan yaitu peran yang dilakukan guru dan staf SMP Master Depok dalam bentuk motivasi dapat mengubah persepsi anak jalanan tentang pendidikan formal menjadi suatu hal yang penting didalam kehidupan manusia.
Kata Kunci : Persepsi, Anak Jalanan, Pendidikan Formal
Bibliografi : lembar 122-123
SS00007856 | SK 7856 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain