Text
Pengaruh pembelajaran aktif, kontekstual dan berpusat pada guru terhadap kecerdasan interpersonal anak kelas 2 SD : penelitian ex-post facto di SDN Rawa Barat 07, 05 dan 08, Kebayoran Baru
PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, KONTEKSTUAL DAN BERPUSAT
PADA GURU TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK
KELAS 2 SD
(Penelitian Ex-Post Facto di SDN Rawa Barat 07,05, 08 Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan)
(2015)
Dini Rizka Khaerani
ABSTRAK
Dini Rizka Khaerani. Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kontekstual dan
Berpusat pada Guru terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelas 2 SD
Penelitian Ex-Post Facto di SDN Rawa Barat 07 Kebayoran Baru, Jakarta
Selatan. Jakarta: PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Jakarta, 2015. Tujuan Penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris
mengenai pengaruh pembelajaran aktif terhadap kecerdasa interpersonal
anak kelas 2 SD. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random
sampling dan simple random sampling sehingga ditemukan sample yaitu
SDN Rawa Barat 07. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket
yang dianalisis menggunakan Analisis varian (ANAVA) Satu Jalan dan Uji-t.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA bahwa terdapat perbedaan
kecerdasan interpersonal anak pada ketiga kelompok pembelajaran aktif,
kontekstual, dan berpusat pada guru. Dilanjutkan dengan Uji-t dan
menunjukkan bahwa semua H0 ditolak, maka Ha diterima. Implikasi hasil
penelitian ini adalah pembelajaran aktif membantu anak untuk
mengembangkan kecerdasan interpersonal dengan menyenangkan dan
tanpa disadari oleh anak. Dengan pembelajaran aktif akan menarik anak
untuk lebih sering berinteraksi maupun sosialisasi dengan orang lain maupun
lingkungan yang baru.
Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Kontekstual, Berpusat pada Guru,
Kecerdasan Interpersonal, Siswa Kelas 2 SD
Bibliogafi : lembar 139-141
SS00007851 | SK 7851 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain