Text
Pengaruh partisipasi aktif santri dalam berorganisasi terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren La Tansa, Banten
ABSTRAK
Nur Fayadita Azzahra. Pengaruh Partisipasi Aktif Santri dalam Berorganisasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Pondok Pesantren La Tansa. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, 15 Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi aktif santri dalam berorganisasi terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Latansa.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Sampel yang diambil sebanyak 26 orang santriwati kelas 2 Sekolah Menengah Atas. sampel terbagi menjadi dua kelompok, yaitu13 orang santriwati kelompok partisipasi aktif tinggi dan 13 orang santriwati kelompok partisipasi aktif rendah. Sebelumnya peneliti mengadakan pembagian angket untuk mengetahui 2 kelompok tersebut. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan melalui Uji Normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors sedangkan uji homogenitas data dengan uji Bartlett.
Hasil akhir diukur dengan menggunakan tes lisan yang berjumlah 10 soal dengan teknis analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan= 0,05.
Setelah peneliti melakukan uji-t maka nilai t hitung 5,504 sedangkan nilai t tabel adalah 2,06, untuk derajat kebebasan dk=24. Karena harga t hitung yang diperoleh lebih besar dari harga t tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima.
Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemahiran berbicara bahasa arab antara santriwati kelompok partisipasi aktif tinggi lebih meningkat dibandingkan santriwati kelompok partisipasi aktif rendah.
Ketika seorang santriwati ingin meningkatkan suatu keterampilan, maka partisipasi aktif yang tinggi akan menjadi motivasi yang kuat bagi para santriwati yang menjalankan kegiatan organisasi untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab dalam berkomunikasi, baik antara pengurus dengan pengurus maupun pengurus kepada anggota.
Sesungguhnya lingkungan pondok pesantren yang sangat mendukung para santriwati untuk menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris, dimanapun dan kapanpun, di dalam kegiatan belajar mengajar atau diluar kegiatan belajar mengajar.
SS00007845 | SK 7845 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain