Text
Peningkatan hasil belajar menulis narasi bahasa Indonesia melalui teknik mind mapping : penelitian tindakan pada siswa kelas V MI Hidayatul Ikhwan Kec.Rumpin Kab.Bogor tahun pelajaran 2012-2013
ABSTRAC
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Hidayatul Ikhwan Kec. Rumpin Kab. Bogor melalui teknik mind mapping. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah Peningkatan hasil belajar menulis narasi bahasa Indonesia, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran mind mapping. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Hidayatul Ikhwan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menulis narasi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan hasil belajar menulis narasi dari rata-rata 61,6 menjadi 65,6 dengan ketuntasan klasikal 64% dan pada siklus II ada peningkatan hasil belajar menulis narasi dari rata-rata 65,6 menjadi 72,5 dengan ketuntasan kalsikal 88%. Dengan demikian, teknik Mind Mapping dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi siswa kelas V MI Hidayatul Ikhwan
Tahun Pelajaran 2012/2013.
Bibliografi : lembar 113-117
TM00004617 | TM 4617 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain