Text
Peran permainan odong-odong dalam meningkatkan pengetahuan lagu anak pada anak-anak
ABSTRAK
Lory Trisna Hasianta Situmorang, Peran Permainan Odong-Odong Dalam Meningkatkan Pengetahuan Lagu Anak Pada Anak-Anak. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi sosio edukasi lagu dalam perkembangan kepribadian anak melalui permainan odong-odong. Permainan odong-odong diprakasai oleh Pak Mulyadi untuk membantu masyarakat menengah bawah dalam memperkenalkan kepada anak mereka lagu anak-anak yang sesuai dengan usia mereka. Hal tersebut membuat para orangtua terbantu oleh adanya permainan odong-odong tersebut. Tidak hanya memberikan keceriaan saja, permainan odong-odong juga membentuk perkembangan kepribadian anak mencakup perkembangan kognitif, fisik, bahasa, dan sosio emosional. Penerapan pembelajaran melalui lagu memiliki fungsi besar untuk memacu perkembangan diri anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memusatkan perhatiannya pada gejala-gejala yang ada dalam kehidupan sosial. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data-data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder didapat dari studi dokumentasi sebagai penguat hasil temuan dan empirik. Wawancara mendalam penulis menetapkan informan kunci sebanyak tiga yang merupakan penarik kereta odong-odong. Informan utama sebanyak enam orang informan terdiri dari orang tua anak sedangkan informan pendukung terdiri dari satu informan yang merupakan pengusaha odong-odong tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan melalui wahana bermain yang menggunakan referensi lagu anak-anak dapat menambah pengetahuan referensi lagu-lagu anak pada anak yang juga mempengaruhi perkembangan kepribadian anak terutama dalam aspek kognitif, fisik, bahasa dan sosio emosional anak.
Kata Kunci : permainan odong-odong, lagu anak, kepribadian anak
Bibliografi : lembar 73-75
SS00007873 | SK 7873 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain