Text
Pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Tangerang Selatan
ABSTRAK
NURMALIA SARI. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. SKRIPSI. Jakarta : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Pre-test Post-test Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu tes berpikir kreatif pada siswa sebanyak 20 butir pertanyaan, angket sikap siswa tentang penggunaan metode mind mapping, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil tes berpikir kreatif pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Dari perhitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,318 dan ttabel 1,67. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukan bahwa thitung berada di daerah penerimaan Ha yaitu thitung > ttabel dalam angka 6,318 > 1,67. Maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Tangerang Selatan.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Berpikir Kreatif
Bibliografi : lembar 106-108
SS00007874 | Sk 7874 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain