Text
Pengaruh media diskusi online terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi koloid
ABSTRAK
Darwis Rianto, Pengaruh Media Diskusi Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media diskusi online terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 71 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Purpossive Sample. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi-Eksperimental. Sebelum dilakukan pembelajaran, siswa diberikan pre tes terlebih dahulu, kemudian setelah dilakukan pembelajaran, siswa diberikan post tes.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil post tes kelas eksperimen 90,74 dan kelas kontrol 87,13, terihat bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,2706 dan ttabel = 1,6667. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media diskusi online terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi Koloid.
Kata Kunci: Media Diskusi Online, Hasil Belajar, Koloid.
Bibliografi : lembar 50-51
SS00007877 | Sk 7877 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain