Text
Pengembangan media promosi booklet dengan fitur augmented reality untuk desa wisata Pulesari
PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BOOKLET DENGAN FITUR
AUGMENTED REALITY UNTUK DESA WISATA PULESARI
HARY DHIMAS PRAKOSO
5235111813
ABSTRAK
Desa wisata Pulesari adalah salah satu objek wisata yang berada di kabupaten Sleman, provinsi D.I.Yogyakarta. Desa Wisata Pulesari memiliki target jumlah pengunjung tiap tahunnya, namun target yang ditetapkan belom dapat terpenuhi.
Maka dari itu media promosi diperlukan untuk lebih memperkenalkan objek wisata ke masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan metodologi desain untuk pengembangan produk. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain pengumpulan data, pembuatan desain, validasi desain, revisi desain, produksi massal, serta uji sensitifitas dan uji coba efektifitas media promosi yang telah dibuat. Hasil produk akhir adalah media promosi berbentuk booklet dengan fitur augmented reality. Fitur aplikasi augmented reality yang diterapkan dapat
berjalan dengan baik pada smartphone Android. Setelah melalui uji efektifitas melalui 30 responden dapat ditarik kesimpulan bahwa media promosi yang dibuat dapat menyampaikan pesan persuasif dan memberikan informasi untuk mengenalkan Desa Wisata Pulesari.
Kata kunci : Augmented Reality, Booklet, Media Promosi, Android.
Bibliografi : lembar 86-88
SS00007881 | SK 7881 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain