Text
Aplikasi manajemen dokumentasi pengiriman dan notifikasi surat resmi di Universitas Negeri Jakarta
APLIKASI MANAJEMEN DOKUMENTASI PENGIRIMAN DAN NOTIFIKASI SURAT RESMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FIRDAUS IBNU
ABSTRAK
Latar Belakang dari penelitian ini adalah pengiriman surat antar lembaga-lembaga yang ada di Universitas Negeri Jakarta sering mengalami keterlambatan pengiriman. Surat dibuat oleh staf administrasi masing-masing lembaga kemudian diantarkan oleh seorang pramubakti kepada lembaga atau individu yang dituju. Keterlambatan terserbut dikarenakan adanya disposisi surat bertingkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi yang membantu megurangi keterlambatan sampainya informasi surat antar lembaga di Universitas Negeri Jakarta dengan memberikan notifikasi pada setiap pengiriman surat. Penelitian ini berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada suatu lembaga untuk membuat dan mengirimkan surat resmi yang ditujukan pada serta mengurangi risiko keterlambatan surat, surat hilang atau rusak, kesalahan tujuan surat, maupun surat terabaikan oleh penerima lembaga lain di Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian dilakukan di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kantor Wakil Rektor 2, dan Jurusan Teknik Elektro dari bulan Mei 2015 hingga November 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Spiral. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 4 tahap utama yang dilakukan pada pembuatan aplikasi ini, yakni (1) Perencanaan (2) Analisis Risiko (3) Rekayasa (4) Evaluasi Pemakai dan pengujian dengan metode pengujian Blackbox. Berdasarkan hasil uji coba Blacbox, aplikasi ini telah terbukti berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: Aplikasi, Notifikasi, Metode Spiral, Black-Box testing.
Bibliografi : lembar 91-92
SS00007894 | SK 7894 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain