Text
Perbedaan hasil belajar dasar-dasar kelistrikan siswa Kelas X menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dan metode pembelajaran berpusat pada guru (suatu studi eksperimen di SMK Negeri 2 Bogor)
ABSTRAK
M. GENTA GUMELAR. Perbedaan Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan
Siswa Kelas X Menggunakan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dan
Metode Pembelajaran Berpusat Pada Guru (Suatu Studi Eksperimen di
SMK Negeri 2 Bogor). Skripsi, Jakarta : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Oktober 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar
siswa menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru pada mata
pelajaran dasar-dasar kelistrikan kelas X di SMK Negeri 2 Bogor tahun pelajaran
2015/2016 serta untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi antara
hasil belajar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil
belajar menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Hipotesisnya
yaitu diduga terdapat perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode
pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar menggunakan metode
pembelajaran berpusat pada guru dalam mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan
dimana hasil belajar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih
tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran
berpusat pada guru.
Dalam penelitian ini metode yang dipakai peneliti yaitu metode
penelitian eksperimen yang melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas adalah
metode pembelajaran yang dibedakan atas metode pembelajaran snowball
throwing dan metode pembelajaran berpusat pada guru (non-snowball throwing),
dan variabel terikat adalah hasil belajar dasar-dasar kelistrikan. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis dan metode dokumentasi,
sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji-t diperoleh nilai
7,63 > 1,671, hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa
menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar siswa
menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru (non-snowball throwing).
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai akhir yaitu siswa yang
menggunakan metode pembelajaran snowball throwing mendapat nilai rata-rata
71,87, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran berpusat pada
guru (non-snowball throwing) mendapat nilai rata-rata 55,9, hal ini berarti hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih
tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan metode
pembelajaran berpusat pada guru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode
pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar siswa yang menggunakan
metode pembelajaran berpusat pada guru dalam mata pelajaran dasar-dasar
kelistrikan, dimana hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran
snowball throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa
menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru.
Kata Kunci: Perbedaan, Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Snowball
Throwing, Metode pembelajaran Berpusat pada Guru.
Bibliografi : lembar 74-76
SS00007906 | SK 7906 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain