Text
Pembuatan trainer instalasi listrik sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah teknik instalasi listrik (studi pada program studi pendidikan teknik elektro)
ABSTRAK
DEWI ANGGRAINI, PEMBUATAN TRAINER INSTALASI LISTRIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH TEKNIK INSTALASI LISTRIK (SUATU SURVEY PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2015. Dosen pembimbing Massus Subekti, S.Pd, MT dan Drs. Readysal Monantun, M.M Pembuatan Trainer ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah Teknik Instalasi Listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen laboratorium, pengujian dilakukan menggunakan evaluasi formatif dengan angket. Responden terbagi atas uji ahli oleh 4 orang dosen dan uji coba mahasiswa melibatkan 40 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teknik Instalasi Listrik. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Untuk melakukan analisis dari hasil evaluasi dilakukan dengan membagi skor dari hasil penilaian dengan skor maksimum. Hasil keseluruhan dosen ahli materi menyatakan baik dengan rata-rata 78% dan ahli media menyatakan sangat baik dengan rata-rata 93,5%.Hasil keseluruhan pengamat mahasiswa didapat hasil 10 orang menyatakan baik dan 30 orang menyatakan sangat baik dengan rata-rata keseluruhan 83,43% yang artinya sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Trainer Instalasi Listrik sebagai media pembelajaran di Teknik Elektro dapat digunakan sebagai Media Pembelajaran pada mata kuliah Teknik Instalasi Listrik.
Kata kunci: Media pembelajaran, Trainer Instalasi Listrik, dan Teknik Instalasi Listrik
ABSTRACT
DEWI ANGGRAINI , TRAINER MAKING ELECTRICAL INSTALLATIONS AS MEDIA LEARNING COURSE FOR ELECTRICAL INSTALLATIONS ENGINEERING ( AN EDUCATION PROGRAM SURVEY ON ELECTRICAL ENGINEERING ) JAKARTA STATE UNIVERSITY . Supervisor Massus Subekti , S.Pd , MT and Drs . Readysal Monantun , M.M Trainer-making aims to produce interactive instructional media course on Electrical Installation Engineering. The method used in the study was a laboratory experiment method, testing is done using formative evaluation by questionnaire. Respondents were divided into four test experts by lecturers and students trials involving 40 students who follow courses Engineering Electrical Installation Evaluation in this study using descriptive statistics. To perform the analysis of the results of the evaluation carried out by dividing the score of the assessment results with the maximum score. The overall result lecturer matter experts expressed either by an average of 78% and media experts expressed very well with an average of 93.5%. The overall results obtained student observers have claimed good results 10 and 30 people expressed very well with an overall average of 83.43%, which means very good. Results of this study we can conclude that the Electrical Installations Trainer as a medium of learning in Electrical Engineering can be used as a Media Education course on Electrical Installation Engineering.
Keywords : Learning media, Trainer Electrical Installation, and Electrical Installation Engineering
Bibliografi : lembar 54
SS00007971 | SK 7971 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain