Text
Efektifitas gaya mengajar latihan dengan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing dalam permainan futsal pada siswa kelas X SMAN 85 Jakarta
RINGKASAN ACHMAD ALFI SURYANATA. Efektifitas Gaya Mengajar Latihan Dengan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Futsal Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 85 jakarta. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Tahun 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing (mengoper) dalam permainan futsal siswa kelas X SMA Negeri 85 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMA Negeri 85 jakarta. JL. Srengseng Raya Kec. Kembangan, Jakarta Barat. Penelitian ini dimulai tanggal 9 November – 30 November, dan jadwal penelitian setiap hari senin pukul 06.45 – 09.45. penelitian ini dilaksanakan 4 kali perlakuan dengan metode eksperimen dengan jumlah siswa 34 siswa. Siswa mengambil 1 kertas undian , yang mendapat angka ganjil kelompok A sedangkan genap kelompok B. Hasil tes awal dan tes akhir belajar passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,661, Standar Error Deviasi Mean (SEmd) sebesar 0,61 dan nilai t hitung 15,62. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) = 17 - 1 = 16, t tabel = 2,12 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 15,62 > 2,12. Hasil tes awal dan akhir passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam kelopmpok gaya resiprokal tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,498. Standar Error Deviasi Mean (SEmd) sebesar 0,62 dan nilai t hitung 13,95. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) = 17 - 1 = 16, t tabel = 2,12 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 13,95 > 2,12.
Dari hasil penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai hasil hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam dengan gaya mengajar latihan adalah sebagai berikut : nilai rata-rata (Mean) = 27,64 standar deviasi (SD) = 0,8 dan standar deviasi mean = 0,2. Dari hasil passing menggunakan kaki bagian dalam gaya mengajar resiprokal nilai rata-rata (Mean) = 26,47, standar deviasi (SD) = 0,71, dan standar deviasi mean = 0,17. Dari hasil tes akhir belajar passing menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh Standar Error Deviasi Mean (SEmd) sebesar 0,26 dan t hitung sebesar 4,5 Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 16 + 16= 32, t tabel = 2,04 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 4,5 > 2,04. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar passing futsal menggunakan kaki bagian dalam pada kelas X SMA Negeri 85 Jakarta, Gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar passing futsal menggunakan kaki bagian dalam pada kelas X SMA Negeri 85 Jakarta, Gaya mengajar latihan lebih efektif dari pada gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing futsal menggunakan kaki bagian dalam pada kelas X SMA Negeri 85 Jakarta.
Bibliografi : lembar 59-60
SS00007991 | SK 7991 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain