Text
Hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Leni Marlina
Lenimarlina4097@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan tekhnik korelasional Penelitian ini di lakukan di SDN Periuk 1, SDN Periuk 3 dan SDN Periuk 4 Komplek Periuk Kecamatan Periuk KotaTangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika ; (2) terdapat hubungan positif hubungan antara konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika dan ; (3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi berprestasi dan konsep diri siswa, karena hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi berprestasi dan konsep diri siswa menjadi faktor penentu yang signifikan.
Kata Kunci : Motivasi berprestasi, konsep diri , hasil belajar matematika. Bibliografi : lembar 112-114
TM00001377 | TM 1377 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain