Text
Pengaruh metode pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa (studi eksperimen di kelas v SDN 1 Depok kecamatan Depok kabupaten Cirebon)
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN AWAL
SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN
MEMBACA PEMAHAMAN
SIGIT VEBRIANTO SUSILO
7526130465
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan
membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V
SD Negeri 1 Depok Kabupaten Cirebon pada tahun 2015 dengan
60 sampel. Pengambilan data diperoleh melalui tes analisis Varian
(ANOVA) dua jalur dengan desain treatmeant by level 2 x 2. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil kemampuan membaca
pemahaman siswa yang menggunakan metode problem based
learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan metode
directed reading thinking activities. (2) Hasil kemampuan membaca
pemahaman siswa yang pengetahuan awal tinggi dan belajar
dengan metode problem based learning lebih baik dari pada
metode directed reading thinking activities, (3) Hasil kemampuan
membaca pemahaman siswa yang pengetahuan awal rendah dan
belajar dengan metode problem based learning lebih baik dari pada
metode directed reading thinking activities, (4) Terdapat pengaruh
interaksi anatara metode pembelajaran dengan pengetahuan awal
siswa terhadap kemampuan membaca pemahaman.
Kata Kunci: Metode pembelajaran, pengetahuan awal,
kemampuan membaca pemahaman Bibliografi : 161-166
TM00001379 | TM 1379 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain