Text
Pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja mengajar guru SMP Negeri 281 Jakarta Timur
RINGKASAN
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia guna penyediaan
sumber daya manusia yang handal telah, sedang, dan harus terus
dilakukan.Oleh karena itu dalam manajemen pendididikan perananan guru
dalam upaya keberhasilan pendidikan harus selalu ditingkatkan kinerja atau
prestasi kerjanya mengingat tantangan dunia pendidikan untuk menghasilkan
kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global.Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk memahami secara menyeluruh mengenai
pengaruh kompetensi pedagogic dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja
mengajar guru di SMP Negeri 281 Jakarta Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei dan analisis jalur (path analysis) di SMP Negeri 281 Jakarta Timur. Hal
ini melibatkan 60 orang guru sebagai responden, yang dipilih dengan cara
random sampling sederhana. Langkah pengujian path analysis sebagai
berikut : pengujian normalitas data, perhitungan normalitas galat taksiran
dengan uji-chi kuadrat, perhitungan persamaan regresi, normalitas galat
taksiran dengan uji-Liliefors, perhitungan persamaan regresi, uji signifikansi
dan uji linearitas regresi. Selanjutnya dilakukan perhitungan path analysis,
untuk menghitung koefisien jalurnya.
Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh langsung positif kompetensi pedagogik terhadap kinerja
iii
mengajarguru, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,337 dan koefisien korelasi sebesar 0,477. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang tinggi akan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja mengajar guru. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja guruterhadap kinerja mengajar guru, nilai koefisien jalur sebesar 0,356 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,488. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Sementara itu, hasil perhitungan kompetensi pedagogik terhadap kepuasan kerja guru menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja guru, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,392 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,392. Ini memberikan makna bahwa kompetensi pedagogik yang tinggi berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru. Berdasarkan hasil temuan di atas, maka implikasi hasil penelitian ini akan diarahkan kepada upaya peningkatan kinerja mengajar guru melalui variabel kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja guru.
Bibliografi : 108-111
TM00001381 | TM 1381 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain