Text
Pembelajaran sejarah di SMA Pesantren Modern Daar Falaah Pandeglang (studi kasus di kelas X putra dan kelas X putri)
ABSTRAK
FIRDAUS HADI SANTOSA. Pembelajaran Sejarah di SMA Pesantren Modern Daar El Falaah Pandeglang. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, tahun 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Pesantren Modern Daar El Falaah Pandeglang. Dilakukan dari bulan Maret hingga September 2015. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci adalah Kepala Sekolah SMA Pesantren Modern Daar El Falaah (PMDF), Bapak K. Syafar Umam, MA. Sedangkan untuk informan intinya adalah Pimpinan PMDF, Bapak KH. Muslim Ma’arif, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, Bapak Ust. Roby Kasim, S.Pd, guru mata pelajaran sejarah Bapak Ust. Hasan Pratama, S.Pd.I dan siswa kelas X Putra dan X Putri yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran sejarah di SMA Pesantren Modern Daar El Falaah dilakukan penyesuaian antara KTSP dengan lingkungan pesantren, yakni dengan selalu dikaitkan dengan karakteristik keislaman yang khas sebagaimana visi dan misinya. Adapun bentuk nyata dari karakteristik Islam tersebut yakni berupa ayat-ayat Al-qur’an atau hadist yang digunakan sebagai penjelasan dalam setiap materi pembelajaran sejarah. Hal tersebut sangat bergantung terhadap kemampuan gurunya, terbukti meskipun guru sejarahnya tidak berlatar pendidikan sejarah, guru mampu menyesuaikannya dengan minat dan karakteristik peserta didik yang dipengaruhi kuat oleh karakteristik Islam pesantren. Pembelajaran dengan mengkaitkan karakteristik Islam tersebut terlihat dalam komponen perencanaan pembelajaran yakni berupa silabus dan RPP, serta dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya.
SS00008040 | SK 8040 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain