Text
Pengembangan media pembelajaran berbasis flash materi pokok pengemasan produk pada mata pelajaran desain multimedia di SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten Tangerang
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH
MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN
DESAIN MULTIMEDIA
DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG
RIZKY ISTIYONO
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia
dan insan yang berkualitas. Kemajuan pendidikan di Indonesia secara kuantitas
cukup menggembirakan, akan tetapi secara kualitas pengembangannya masih
belum merata. Pada salah satu mata pelajaran kejuruan multimedia, yaitu desain
multimedia kompetensi dasar menerapkan pengemasan produk multimedia
interaktif dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan, dapat diketahui
bahwa peserta didik mengalami kendala pada mata pelajaran yang bersangkutan.
Setelah bertanya kepada peserta didik, terdapat beberapa dari mereka beranggapan
bahwa pembelajaran pembuatan desain kemasan merupakan mata pelajaran yang
mereka masih rasa kurang untuk dipahami dan sebagian dari mereka ada yang
belum mengerti baik dari bahan ajar materi (teori) maupun (video tutorial) yang
diberikan oleh pendidik sebelum praktik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang
berbasis flash pada mata pelajaran desain multimedia untuk peserta didik kelas XI
SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui kualitas media
serta sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi berupa video
pembelajaran yang berbasiskan flash dalam pembelajaran pembentukan desain
kemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dan model pengembangan ADDIE. Subyek
penelitian yaitu peserta didik kelas XI Multimedia yang diambil sampel secara
simple random sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi
dan media serta tanggapan peserta didik melalui angket atau instrumen.
Tanggapan ahli menunjukkan media berbasis flash sangat baik dari segi media
dan bagus dari segi materi. Hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba
sampel menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memberikan tanggapan
positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media berbasis flash.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media
berbasis flash sesuai dan layak diterapkan pada mata pelajaran desain multimedia.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Flash, SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten
Tangerang, Desain Multimedia.
Bibliografi : lembar 77-79
SS00008043 | SK 8043 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain