Text
The English pronunciation at the englsih education department of Siliwangi University (a case study of the students' english pronunciation, the classroom activities and the learning materials)
Fuad Abdullah, 2015. Pengucapan Bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi (Sebuah Studi Kasus tentang Pengucapan bahasa Inggris Mahasiswa, Aktivitas Kelas dan Materi Ajar). Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa & Seni, Universitas Negeri Jakarta.
ABSTRAK
Pengucapan Bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Siliwangi nampaknya masih jarang diteliti meskipun isu pengajaran pengucapan bahasa Inggris telah menjadi pusat perhatian dikalangan para linguis dan praktisi TESOL belakangan ini. Penelitian ini mengkaji pengucapan bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Siliwangi, terutama dalam hal pengucapan bahasa Inggris mahasiswa, aktivitas kelas dan materi ajar. Secara teknis, 26 mahasiswa dan dua dosen (Dosen mata kuliah Pronunciation Practice 3 dan Speaking 3) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Siliwangi dipilih sebagai partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui prosedur tes membaca nyaring, observasi kelas dan analisis dokumen. Data ditelaah berdasarkan prosedur penelaahan data yang diadopsi dari Wolcott, yaitu pemerian, penelaahan dan penafsiran data. Temuan pertama menunjukkan bahwa mahasiswa sepertinya mengahadapi kesulitan tidak hanya saat memproduksi fitur suprasegmental namun juga fitur segmental. Temuan kedua membuktikan bahwa aktivitas kelas pengucapan bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Siliwangi masih menganut teknik pengajaran pengucapan tradisional. Temuan ketiga menerangkan bahwa materi ajar pengucapan bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Siliwangi cenderung berpusat pada fitur suprasegmental, menerapkan jenis latihan tradisional dan bergantung sepenuhnya pada sumber ajar tunggal. Oleh karena itu, perhatian yang lebih perlu diarahkan pada pembelajaran fitur segmental dan suprasegmental dengan proporsi yang seimbang, penggunaan teknik pengajaran serta materi ajar pengucapan bahasa Inggris yang lebih mutakhir.
Kata kunci: pengucapan bahasa Inggris mahasiswa, aktivitas kelas dan materi ajar pengucapan bahasa Inggris Bibliography : 244- 266
TM00001389 | TM 1389 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain