Text
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel The Lost Symbol karaya Dan Brown (kajian struktural semiotik)
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL
THE LOST SYMBOL KARYA DAN BROWN
(Kajian Struktural Semiotik)
Karmila
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mengenai novel The Lost Symbol karya Dan Brown yang fokus pada nilai-nilai pendidikan karakter sebagai motivasi untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia. Nilai-nilai pendidikan karakter dianalisis menggunakan kajian struktural semiotik, bertujuan untuk menentukan makna dan tanda-tanda yang terdapat dalam novel The Lost Symbol. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif karena untuk menginterpretasikan kata-kata yang berbentuk dialog-dialog, ungkapan-ungkapan dan gestur tubuh yang terdapat dalam cerita. Data yang digunakan berupa teks tergambar dari konteks nilai-nilai pendidikan karakter melalui sebuah dokumen yang berbentuk novel The Lost Symbol karya Dan Brown. Novel ini menjelaskan bagaimana cara menjalin persahabatan sejati, guru menjadi pahlawan dalam perubahan zaman, dan peran orang tua dalam menanamkan karakter positif pada anak sejak dini. Penelitian ini menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada setiap bab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel The Lost Symbol mencakup nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan, dan nilai kebangsaan.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Struktural Semiotik
Bibliografi :177-181
TM00001390 | TM 1390 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain