Text
Manajemen pendidikan sekolah gratis (studi kasus pada yayasan Indonesia juara sebagai pengelola pendidikan gratis di SD Juara Jakarta Selatan)
RINGKASAN
Kebijakan sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah adalah
pembebasan biaya SPP, walaupun dalam prakteknya di masyarakat hal
ini tetap menjadi kendala dikarenakan kebutuhan sekolah tidak hanya
sekedar gratis dalam biaya SPP di sekolah namun lebih dari itu. Konsep
pendidikan gratis dan bermutu akan dapat memberikan kesempatan
seluas luasnya kepada masyarakat kelas bawah untuk bersaing dengan
kelas atas jika adanya perbaikan kualitas peserta didik yang didukung
dengan manajemen pengelolaan yang profesional. Pendidikan gratis di
SD Juara ini memberikan fasilitas bebas biaya tidak hanya bebas biaya
SPP namun juga fasilitas pendidikan lainnya secara keseluruhan.serta
dikelola dengan manajemen sekolah yang profesional. Penelitian ini
difokuskan pada manajemen pendidikan sekolah gratis dengan sub fokus
pengelolaan SDM, efektivitas pengelolaan sumber anggaran, keunggulan
dan kualitas sekolah. Penelitian ini mengacu pada konsep Bush yang
menjelaskan bahwa :ā€¯Educational management is a field of study and
practice concerned with the operation of educational organizations. that
educational management has to be centrally concerned with the purpose
or aims of education. These purposes or goals provide the crucial sense
of direction to underpin the management of educational institutions.
Unless this link beetween purpose and management is clear and close,
there is a danger of managerialism.. a stress on procedures at the
expense of educational purpose and values.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus dari Robert K Yin Latar penelitian ini dilakukan di Yayasan
Indonesia Juara Bandung dan SD Juara Jakarta Selatan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah direktur yayasan, kepala departemen, kepala
sekolah, guru, staf, orangtua siswa, peserta didik, marketing, relawan
guru. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan,
wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan
dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi,
member check. Data yang terkumpul dipilah, diseleksi dan
disederhanakan serta dilakukan pengkodingan sesuai subfokusnya. Data
yang telah direduksi disajikan dalam bentuk.matriks lalu diklasifikasi
sesuai subfokus penelitian. Data yang semakna dalam Tahap yang
terakhir membuat kesimpulan dan saran.
Hasil pembahasan temuan penelitian terungkap bahwa
manajemen pendidikan yang dilakukan Yayasan Indonesia Juara dalam
mengembangkan sekolah gratis ini dengan pengelolaan yang profesional
walaupun dengan sarana prasarana terbatas. Pendidikan berbasis sosial
ini tetap dikelola dengan mengacu kepada UU ketenagakerjaan bagi para
SDMnya. Pengelolaan sekolah yang terpadu dimulai dari pengelolaan
SDM yang profesional dari mulai proses rekruitmen hingga
pengembangan SDM. Yayasan Indonesia Juara dalam
mengimplementasikan programnya dimulai dengan kekuatan SDM guru
dan tim manajemen yang profesional di yayasan serta mempunyai sikap
mental membangun dan berjuang untuk pendidikan. Pengelolaan
anggaran yang efektif dan transparan. Tata kelola yang transparan dan
tersistem dengan alur yang jelas. Brand sekolah gratis berkualitas sebagai
semangat dan cita-cita yang dikuatkan dengan visi yang selalu di
perbaharui, dari sisi program sekolah yang berkualitas dan manajemen
mutu sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi
pendidik serta pengelola lembaga pendidikan yang mengembangkan
pendidikan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Hasil penelitian ini
juga direkomendasikan bagi pemangku kepentingan terkait kebijakan
sekolah gratis di DKI Jakarta menjadi motivasi serta acuan dalam
meningkatkan pelayanan pendidikan gratis bagi masyarakat dengan
kualitas pendidikan yang lebih baik dan profesional dalam pengelolaanya..
Bibliografi : 222-224
TM00001396 | TM 1396 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain