Text
Efektifitas pendekatan drill dan taktis terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa ekstrakulikuler SMP Negeri 1 Cabangbungin
RINGKASAN
Dwi Prehatmoko, Efektifitas Pendekatan Drill Dan Taktis Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Ekstrakulikuler SMP Negeri 1 Cabangbungin. Skripsi. Program Studi Penjaskesrek. Jurusan Olahraga Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas antara pendekatan drill dan taktis terhadap hasil latihan passing siswa ekstrakulikuler SMP Negeri 1 Cabangbungin. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan SDN Lenggahjaya 01, dengan jumlah pertemuan 8 kali. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimen, dengan jumlah sampel 24 siswa dari 24 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara Total Sampling dan diperoleh 24 sampel. Sampel ditetapkan dari seluruh populasi siswa ekstrakulikuler SMP Negeri 1 Cabangbungin. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik uji-t untuk dibandingkan dengan nilai tabel pada taraf signifikansi X 0,5. Hasil pengolahan analisis data adalah sebagai berikut : Pada kelompok pendekatan drill memperoleh nilai rata-rata 8, standar deviasi dari difference 2,58, nilai standar error dari mean difference 0,77 dan nilai t hitung 10,38 dan kelompok pendekatan taktis memperoleh nilai rata-rata 3,83, standar deviasi dari difference 1,41, nilai standar error dari mean diffrence 0,42 dan nilai t hitung 9,11. Hasil data untuk membandingkan tes akhir antara kelompok pendekatan drill dan pendekatan taktis. Kelompok pendekatan drill memperoleh hasil nilai standar deviasi 4,74 dan nilai standar error perbedaan mean 1,43 sedangkan pendekatan taktis nilai standar deviasi 5,13 dan nilai standar error perbedaan mean sebesar 1,54, t hitung 2,42 dan nilai t tabel derajat kebebasan (dk) = (12+12)+-2 = 22 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,07, jadi t hitung > t tabel. Berdasarkan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pendekatan drill dan pendekatan taktis sehingga pendekatan drill lebih efektif daripada pendekatan taktis terhadap hasil latihan passing bawah siswa ekstrakulikuler SMP Negeri 1 Cabangbungin.
SS00008067 | SK 8067 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain