Text
Efektifitas pembelajaran menggunakan media pull buoy dan media karet ban terhadap hasil belajar renang kaki gaya kupu-kupu pada siswa esktrakurikuler renang SMK 1 Barunawati
RINGKASAN
FAJAR EKO FATCHILLAH. Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media Pull Buoy dan Media Karet Ban Terhadap Hasil Belajar Renang Kaki Gaya Kupu - Kupu pada Siswa Ekstrakurikuler Renang SMK 1 Barunawati. Skripsi, Jakarta: Jurusan Olahraga Pendidikan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Desember 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar renang kaki gaya kupu – kupu pada siswa ekstrakurikuler renang SMK 1 Barunawati. Pengambilan data dilakukan mulai minggu awal bulan November 2015 sampai minggu Terakhir bulan November 2015 di kolam renang senayan jakarta pusat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 24 siswa dari 30 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling dan diperoleh 24 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik uji-t untuk dibandingkan dengan niai tabel pada taraf signifikan 5%. Hasil pengolahan data untuk membandingkan tes akhir antara kelompok media Pull Buoy dan media Karet Ban. Pada kelompok media Pull Buoy nilai rata-rata 4,16 ,standar deviasi 1,60 dan nilai standar error perbedaan mean sebesar 0,48, sedangkan media karet ban nilai rata-rata 6,16,standar deviasi 1,21 dan nilai standar error perbedaan mean 0,36 t hitung 3,38 dan nilai t tabel derajat kebebasan (dk) = (12+12)-2 = 22 pada taraf signifikan 5% dalah sebesar 2,07, jadi t hitung > t tabel. Berdasarkan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H) ditolak dan hipotesis kerja (H) diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara media pull buoy dan media karet ban, sehingga media karet ban lebih
efektif daripada media pull buoy terhadap hasil belajar renang kaki gaya kupu – kupu pada siswa ekstrakurikuler SMK 1 Barunawati, Jakarta Barat.
SS00008052 | SK 8052 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain