Text
Penerapan modifikasi media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand permainan tenes meja pada siswa SMK Negeri 35 Jakarta
RINGKASAN
Aulia Akbar, Penerapan Modifikasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Permainan Tenis Meja Pada Siswa SMK NEGERI 35 Jakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi,Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand pada siswa SMK Negeri 35 Jakarta, jumlah siswa 20 orang, metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dengan teknik pengambilan data kuantitatif, penelitian ini melibatkan guru olahraga SMK Negeri 35 sebagai kolaborator, penelitian ini di lakukan sebanyak II siklus di mana setiap siklusnya terdapat 2 kali pertemuan. Kegiatan siklus I di awali dengan tes awal di mana peneliti dapat mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai teknik forehand sebelum diberikan perlakuan dari peneliti, kemudian siswa diberikan perlakuan dari peneliti dan di berikan stimulus berupa media yang di buat oleh peneliti yaitu media buoncing table, perlakuan ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan sesuai dengan penjelasan di awal dan setelah itu peneliti melakukan tes akhir siklus pertama, dari hasil siklus pertama yang di realisasikan peneliti mendapati adanya perkembangan dari para siswa namun masih belum memenuhi batas minimum ketuntasan sehingga peneliti dan kolaborator sepakat bahwa perlu mengadakan siklus selanjutnya yaitu siklus ke II dengan memodifikasi media pembelajaran bouncing table dengan menambahkan papan pantul yang sebelumnya 70 cm menjadi 80 cm dan meja pantul yang sebelumnya 1 meja menjadi 2 meja sehingga lebih memudahkan siswa untuk melakukan pukulan forehand. Kegiatan siklus ke II yang di realisasikan peneliti melalui media bouncing table memberikan hasil yang baik berupa, 1) siswa dapat memahami konsep gerak pukulan forehand, hal ini dapat di ketahui dari cara siswa melakukan dan memahami dalam melakukan pukulan forehand, 2) siswa dapat belajar pukulan forehand dengan baik, 3) motivasi siswa dan percaya diri siswa meningkat pada saat pembelajaran dengan media bouncing table. Pada penelitian ini di jelaskan bahwa pada tes awal di dapati data kemampuan siswa yang lulus melakukan pukulan forehand dalam permainan tenis meja yaitu sebanyak 6(30%) siswa dan yang tidak lulus sebanyak 14(70%) siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan yang signifikan, siswa yang lulus 14(70%) siswa
sedangkan yang tidak lulus sebanyak 6(30%) siswa. Pada siklus ke II terlihat peningkatan yang maksimal yaitu 20(100%) siswa lulus. Keterangan dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dari hasil belajar pukulan forehand dalam permainan tenis meja melalui media buoncing table dari tes awal menghasilkan prosentase sebesar 30% siswa yang dapat melakukan pukulan forehand dengan benar, kemudian di lakukan siklus I di dapati peningkatan yaitu 70% siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar dengan benar, dan pada siklus ke II dengan hasil sebesar 100% siswa dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand dengan benar.
SS00008064 | SK 8064 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain