Text
Studi loyalitas konsumen perusahaan daerah (PD) pasar jaya Ciracas terhadap keberadaan pasar modern di kelurahan Ciracas, kecamatan Ciracas kota administratif Jakarta Timur
ABSTRAK
SINTA INDRAWATI. Studi Loyalitas Konsumen Perusahaan Daerah (PD) Pasar JayaCiracas Terhadap Keberadaan Pasar Modern di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Kota Administratif Jakarta Timur. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana loyalitas konsumen PD. Pasar Jaya Ciracas dengan keberadaanpasar modern di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Oktober 2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PD. Pasar Jaya Ciracas berusia produktif yang berbelanja produk sembako dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dan dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling yang dibagi kedalam empat zonasi berdasarkan jarak tempat tinggal responden ke PD. Pasar Jaya Ciracas yaitu zona I (0-2 km), zona II (2.1-4 km), zona III (4.1-6 km), dan zona IV (>6 km). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik perhitungan persentase dengan analisis deskriptif.Data dianalisis menggunakan skala Likert dengan tiga jenis skor.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa konsumen pada zona I menunjukkan loyalitas yang sangat tinggi dengan perolehan skor sebesar 2,83 yang mencakup 92% konsumen. Konsumen pada zona II memperlihatkan loyalitas yang tinggi dengan perolehan skor sebesar 2,61 sebanyak 70% ke Pasar Ciracas dan selisihnya ke pasar modern. Pada zona III, skor loyalitas konsumen sebesar 2,15 yang berarti termasuk kategori kurang tinggi. Sebanyak 85% konsumen memilih ke pasar modern dibandingkan ke Pasar Ciracas. Konsumen di zona IV, yang merupakan jarak terjauh menunjukkan tingkat loyalitas yang sedang dengan skor sebesar 2,46 yaitu sebanyak 58% ke Pasar Ciracas. Hal ini menarik karena dari aspek jarak lebih jauh dari zona III.Hal tersebut menunjukkan pada zona IV terdapat konsumen yang memiliki loyalitas yang baik terhadap Pasar Ciracas.
Konsumen di semua zona memilih berbelanja ke Pasar Ciracas disebabkan oleh karena harga yang masih dapat ditawar. Hal ini tidak akan mungkin dapat ditemukan di pasar modern lainnya. Di hari-hari besar atau hari tertentu, penjual di Pasar Ciracas terkadang memberikan bonus atau hadiah kepada pelanggannya. Dimana hal ini tidak akan terjadi pada pasar modern.
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, PD. Pasar Jaya Ciracas, Pasar Modern
Bibliografi: lembar 112-113
SS00008097 | SK 8097 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain