Text
Metakognitif siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam melalui metode problem solving
ABSTRAK
Salah satu Problematika di dalam dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, kemudian siswa secara pasif menyerap struktur pengetahuan yang diberikan guru atau yang terdapat dalam buku pelajaran. Pemebelajaran hanya sekedar penyampaian fakta, sehingga siswa tidak mampu mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari-harinya.
Tetapi pada kenyataannya sebagian guru khususnya dalam bidang pendidikan agama islam, tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengetahui metakognitif seorang siswa dikarenakan dengan adanya berbagai macam kendala. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, penelitian ini dilakukan di kelas SMK Global Prima Islamic School XI Akutansi 1.
Melalui metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu membuat deskripsi fenomena yang diselidiki dengan cara mengklasifikasikan, atau karakteristik fenomena tersebut secara cermat, kemudian menuangkannya dalam bentuk kesimpulan. Data yang terdapat di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, studi dokumentasi dan observasi/kunjungan dihitung secara kuanti.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama ialah secara keseluruhan metakognitif siswa-siswi disekolah ini sudah mencapai kategori baik , akan tetapi ada besar harapan untuk meningkatkan lebih baik lagi
Bibliografi : lembar 113-114
SS00008183 | SK 8183 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain