Text
Peningkatan hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan pendekatan student centerd pada siswa kelas X tata busana (SMK Negeri 1 Kota Bekasi)
ABSTRAK
RAHAYU DWI MARDIANA “Peningkatan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Tekstil Dengan Pendekatan Student Centerd Pada Siswa Kelas X Tata
Busana (SMK Negeri 1 Kota Bekasi)”. Jakarta: Pendidikan Tata Busana, Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar dengan
pendekatan student Centerd dengan upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi yang beralamat JL.
Bintara VII No.2 Bekasi Barat dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X
Tata Busana pada semester 1 tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 36 orang
siswa. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan desain penelitian tindakan
kelas model Kemmis dan Taggart terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Dengan 2 siklus yaitu siklus pertama dengan metode
diskusi dan pada siklus II menggunakan metode karyawisata.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan student
centerd dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK
Negri 1 Kota Bekasi. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai ketuntasan
sebanyak 28 orang siswa dengan rata-rata kelas 84.39 dan presentase ketuntasan
kelas sebesar 22%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 36
siswa tuntas dengan rata-rata kelas 93.36 dan persentase ketuntasan kelas sebesar
100%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan pembelajaran Student Centerd
Bibliografi : lembar 88
SS00008197 | SK 8197 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain