Text
Peningkatan hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X tata busana Di SMKN 3 kota Tangerang
ABSTRAK
CHRISTIANA SUKMAWATI “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tekstil dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas X Tata Busana Di SMKN 3 Kota Tangerang”. Skripsi, Jakarta: Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran mata pelajaran tekstil. Permasalahan tersebut antara lain rendahnya hasil belajar siswa, di mana salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dari guru yang bersangkutan.
Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X Tata Busana di SMKN 3 Kota Tangerang. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan alur dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana di SMKN 3 Kota Tangerang. Pada siklus I, siswa yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa dengan rata-rata kelas 79,46 dan persentase ketuntasan kelas sebesar 64,29%. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 17,85%, yaitu pada siklus I 64,29% menjadi 82,14% pada siklus II dengan 23 siswa yang tuntas dan rata-rata kelas sebesar 85,89.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Jigsaw
Bibliografi : lembar 86-87
SS00008207 | Sk 8207 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain