Text
Pengaruh permainan tradisional terhadap kecerdasan adversity siswa kelas VII di SMP Tahta Syajar Bekasi
RINGKASAN DIAZ WIDHI LAKSANA. PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KECERDASAN ADVERSITY SISWA KELAS VII DI SMP TAHTA SYAJAR BEKASI. Skripsi: Jakarta, Olahraga Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kecerdasan adversity pada siswa kelas VII SMP Tahta Syajar Kota Bekasi. Penelitian dilaksanakan di SMP Tahta Syajar Kota Bekasi. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November-Desember 2015 semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan Pre Test dan Post Test Design. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII SMP Tahta Syajar Kota Bekasi. Sampel penelitian adalah siswa Kelas VII Tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Statistik uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan tradisional ternyata efektif dan dapat meningkatkan kecerdasan adversity siswa kelas VII SMP Tahta Syajar Kota Bekasi. Hal ini terbukti dari hasil analisis data tes awal dan tes akhir kecerdasan adversity siswa dianalisis dengan menggunakan Uji t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 3.15. Selanjutnya diuji dengan ttabel pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan n-1 = 40 – 1 = 39, diperoleh nilai ttable sebesar 2,021, dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 3.15.> 2,021. Dengan terbukti nilai thitung > nilai ttabel dapat dinyatakan bahwa permainan tradisional mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan adversity siswa kelas VII SMP Tahta Syajar Kota Bekasi
SS00008214 | SK 8214 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain