Text
Efektivitas teknik information gap dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang kelas XI SMAN 14 Jakarta
ABSTRAK
Emil Hera. 2015. Efektivitas Teknik Information Gap dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Jepang Kelas XI SMAN 14 Jakarta. Skripsi, Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI SMAN 14 Jakarta. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 14 Jakarta selama melakukan peraktek pengalaman lapangan, kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI masih kurang memuaskan. Siswa terlihat belum percaya diri ketika berbicara bahasa Jepang di depan kelas. Selain itu, pada saat guru mengajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa Jepang sehari-hari, beberapa siswa tidak mau menjawab karena takut salah atas jawabannya. Sebagian besar siswa merasa malu, terlihat kesulitan, tidak percaya diri, bahkan melihat text book ketika guru dengan spontan menanyakan dengan menggunakan bahasa Jepang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menggunakan teknik Information Gap untuk pembelajaran berbicara bahasa Jepang.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan teknik information gap dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang kelas XI SMAN 14 Jakara, 2) Mengetahui efektivitas menggunakan teknik information gap dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang kelas XI SMAN 14 Jakarta, 3) Mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan teknik information gap dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang kelas XI SMAN 14 Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Desain penelitian menggunakan posttest only control design, dalam desai ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan dan kelompok yang lain tidak. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali treatment dan guru mata pelajaran bahasa Jepang berperan sebagai mengawasi penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, pada saat pembelajaran dengan menggunakan teknik information gap siswa terlihat antusias dan bersemangat. Selain itu berdasarkan asil analisis kuantitatif, menyatakan terdapat efektivitas teknik information gap dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMAN 14 Jakarta. Hal ini dilihat dari siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 79. Kemudian dari hasil t hitung sebesar 5,24 sedangkan nilai t tabel dengan derajat kebebasan (db) 69 taraf signifikan 5% dengan nilai 2,01 dan taraf signifikan 1% dengan nilai 2,65. Berdasarkan hasil tersebut diketahui t hitung > t tabel. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket, siswa berpendapat bahwa penggunaan teknik information gap dapat membantu siswa dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang, serta membuat pembelajaran menjadi sangat menarik.
Kata kunci : Efektivitas, Teknik Information Gap, Berbicara, Bahasa Jepang
ABSTRACT
Emil Hera. 2015. Effectiveness Technical Information Gap in Learning Japanese Speaking Class XI SMAN 14 Jakarta. Thesis, Department of Japanese Language, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. This research is motivated by the problems that arise in learning to speak Japanese students of class XI SMAN 14 Jakarta. Based on observations in SMAN 14 Jakarta during the practice field experience, ability to speak Japanese students of class XI still unsatisfactory.Students appear to have confidence when speaking in Japanese in front of the class. In addition, when teachers ask questions by using the Japanese daily, some students do not want to answer for fear of being wrong for the answer. Most students feel embarrassed, looks difficult, not confident, even when teachers see the text book spontaneously ask to use the Japanese language. To overcome these problems, researchers used a technique Information Gap for learning to speak Japanese.
This study aims to 1) Determine the application of engineering information gap in learning to speak Japanese class XI SMAN 14 Jakara, 2) Assess the effectiveness of using the technique of information gap in learning to speak Japanese class XI SMAN 14 Jakarta, 3) Knowing the students' response to the application of engineering information gap in enhancing the ability to speak Japanese class XI SMAN 14 Jakarta.
The method used in this research is Quantitative Research. Posttest study design using only control design, in this desai there are two groups, each of which are chosen randomly. The first group was given treatment and the other group did not. The research was carried out four times treatment and teacher of Japanese role as overseeing the study. Based on the results of the study, during a lesson by using the information gap engineering students were enthusiastic and eager. In addition, based acyl quantitative analysis, said there are information gaps in the effectiveness of the technique of learning to speak Japanese in class XI student of SMAN 14 Jakarta. It is seen from the experimental class students have an average value of 79. Then from the t at 5.24 while the value t table with degrees of freedom (db) 69 significant level of 5% with a value of 2.01 and a significant level of 1% to the value 2.65. Based on these results are known t count> t table. Furthermore, based on the results of the analysis of the questionnaire, the students found the use of engineering information gap can assist students in learning to speak Japanese, and makes learning very interesting.
Keywords: Effectiveness, Engineering Information Gap, Talking, Japanese
Bibliografi : lembar 75-76
SS00008233 | SK 8233 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain