Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa di SMA Negeri 1 Sukatani
ABSTRAK
Hermalini Rizka Devi. Pengaruh Model Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-
Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa di SMA Negeri 1
Sukatani. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas
Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh
model pembelajaran CP (Crossword Puzzle) terhadap hasil belajar sejarah.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukatani dari bulan Februari sampai
Oktober 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas di SMA Negeri 1 Sukatani yang berjumlah 27 kelas dan terdiri dari
1.173 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah kelas XI IPA yang
berjumlah 9 kelas dan terdiri dari 324 siswa. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan Pusposive Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu
kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang
masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa soal pilihan ganda sebanyak 42 soal yang valid dari 60 soal uji coba instrumen
yang diuji melalui uji validitas dengan rumus “r” product moment. Sedangkan uji
relialibitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0, 659 yang
menunjukan instrumen dapat digunakan.
Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas.
Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh
Lhitung < Ltabel yaitu 0,118 < 0,154 maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas
kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,141< 0,154 maka sebaran data berdistribusi
normal. Uji homogenitas menggunkan uji barlett dan diperoleh X2
hitung < X2
tabel yaitu 0,038
< 3, 84 maka varians homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t menghasilan thitung sebesar 6,339
dari harga ttabel sebesar 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05 ) maka H0 ditolak dan
H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CP (Crossword Puzzle)
berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Sukatani.
Bibliografi : lembar 45-46
SS00008254 | SK 8254 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain