Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran question student have terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa di SMA Negeri 1 Cikarang Utara
ABSTRAK
Sekar Ayu Woro Wintari. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student
Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa di SMA Negeri 1 Cikarang
Utara. Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu
Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh
model pembelajaran QSH terhadap hasil belajar sejarah Indonesia. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 1 Cikarang Utara dari bulan Febuari sampai Oktober
2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas di SMA Negeri 1 Cikarang Utara berjumlah 1.044 siswa, sedangkan
populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 160 siswa.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Pemilihan sampel dilakukan dengan
teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil
berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal. Melalui uji validitas dengan rumus
“r” product moment hasilnya menunjukan 44 soal valid dan 16 soal tidak
digunakan, sedangkan uji relialibitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh
nilai reliabitas sebesar 0,441 yang berarti instrument dapat digunakan.
Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji
homogenitas.. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas
eksperimen diperoleh Lh (0.108) < Lt (0,157) maka sebaran data berdistribusi normal
dan pada kelas kontrol diperoleh Lh(0,126) < Lt (0,157) maka sebaran data berdistribusi
normal. Uji homogenitas menggunkan uji barlett dan diperoleh X2
h(1,651) < X2
t(3,84)
maka varians homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilan th(6,633) > tt(2,00)
Pada taraf signifikan 95% (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran QSH berpengaruh terhadap hasil belajar
sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Cikarang Utara.
Bibliografi : lembar 46-47
SS00008258 | SK 8258 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain