Text
Pengaruh Model pembelajaran debat aktif (active debate) terhadap hasil belajar sejarah:(studi eksperimen diSMA Negeri 13 Bekasi
ABSTRAK
Septi Rohmawati. Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Hasil
Belajar Sejarah di SMA Negeri 13 Bekasi. Skripsi, Jakarta : Prodi Pendidikan
Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh
model pembelajaran Active Debate terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 13 Bekasi dari bulan Januari sampai Oktober 2015.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
SMA Negeri 13 Bekasi yang berjumlah 780 siswa, sedangkan populasi
terjangkaunya adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 130 siswa dari 4 kelas.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel yang
diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas XII IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan
XII IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal. Melalui uji validitas dengan rumus “r
product moment” hasilnya menunjukkan 37 soal valid, sedangkan uji reliabilitas
dengan rumus Cronbrach Alpa’s diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,961 yang
berarti instrumen dapat digunakan.
Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji
homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas
eksperimen diperoleh Lhitung (0,117) < Ltabel (0,157) maka sebaran data berdistribusi
normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,093) < Ltabel (0,157) maka sebaran
data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh
X2
hitung (0,768) < X2
tabel (3,84), maka varians homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 3,824 >
ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (ɑ = 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Debate berpengaruh
terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 13 Bekasi.
Bibliografi; : lembar 47-48
SS00008279 | SK 8279 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain