Text
Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui aktivitas fisik anak usia 4-5 tahun di PAUD Ananda Jakarta Selatan
ABSTRAK
SILVIANI APSARI ANISA, Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Aktifitas Fisik Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Ananda Jakarta Selatan, Skripsi, Jakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2013. Penelitian Tindakan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Paud Ananda Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Paud berusia 4-5 tahun yang berjumlah 15 anak. Penelitian mulai dilakukan selama satu bulan, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Pada siklus pertama terjadi peningkatan gerak yang baik pada anakanak, namun masih ada anak yang belum tuntas dalam peningkatan kecerdasan interpersonalnya dengan jumlah 9 anak termasuk pada kriteria kurang, 3 anak termasuk pada kriteria baik, dan 3 anak termasuk pada kriteria cukup. Pada siklus kedua berdasarkan hasil penilaian guru dan kolaborator terjadi peningkatan yang maksimal atau semua anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal, maka hasil dari siklus 2 dinyatakan berhasil. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui aktifitas fisik berupa model permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Paud Ananda Jakarta Selatan. .
SS00008162 | SK 8162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain