Text
Analisis peran media dalam mempengaruhi remaja wanita usia 20-an dalam menggunakan make up Korean style di DKI Jakarta
ABSTRAK
ERDITA APRILIANI, Analisis Peran Media Dalam Mempengaruhi
RemajaWanitaUsia 20-An Dalam Menggunakan Make Up Korean Style Di
DKI Jakarta. Skripsi: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Ilmu
Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini membahas tentang Hallyu (Korean Popular Culture Wave)
dalam tren kecantikan yaitu Korean makeup style di Indonesia yang mampu
membuat perubahan pada diri seorang wanita 20-an. Korean makeup style
manjadi pilihan dalam penggunaan makeup bagi wanita usia 20-an di DKI Jakarta
karena Korean makeup style menjadi tren yang tidak hanya di DKI Jakarta. Hal ini
terjadi karena adanya peran media yang berkembang pesat dan kemajuan
teknologi seperti internet yang dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai
belahan dunia terutama dalam hal kecantikan khususnya negara Korea Selatan.
Penelitian ini mencoba mengamati sejauhmana peran media mempengaruhi
wanita dalam penggunaan Korean makeup style di DKI Jakarta melalui
pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media
televisi dalam penayangan drama, video klip serta media internet memiliki peran
yang sangat besar terhadap penyebaran Korean makeup style di Indonesia. Korea
sukses mengemas gaya riasan dan perawatan kulit wajah yang sampai produk
kosmetik yang yang menjadi tren di DKI Jakarta. Hal ini terjadi karena adanya
turut serta pemerintah Korea untuk memajukan budaya Korea terutama dalam
bidang kecantikan yang disebarluskan dan dipromosikan melalui media massa
yang gencar mempromosikan Korean makeup style
Kata kunci:Korean makeup style, peran media, wanitausia 20-an
Bibliografi : Lembar 149-150
SS00008180 | SK 8180 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain