Text
Pengaruh karakteristik CEO, karakteristik perusahaan, dan intensitas inovasi terhadap pertumbuhan pendapatan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa Indonesia periode 2009-2013
ABSTRAK
Nada Nabila Nastity, 2016: Pengaruh Karakteristik CEO, Karakteristik Perusahaan, dan Intensitas Inovasi Terhadap Pertumbuhan Pendapatan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Burasa Efek Indonesia Periode 2009-2013. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik CEO, karakteristik perusahaan, dan intensitas inovasi terhadap pertumbuhan pendapatan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pertumbuhan pendapatan dan variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik CEO yang diwakili kepemilikan saham CEO, karakteristik perusahaan yang diwakili oleh leverage dan intensitas inovasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009-2013 yang berjumlah 121 perusahaan. Dari hasil purposive sampling diperoleh 9 perusahaan sampel dan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa karakteristik CEO, karakteristik perusahaan, dan intensitas inovasi mempengaruhi pertumbuhan pendapatan perusahaan. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa karakteristik CEO mempengaruhi pertumbuhan pendapatan, karakteristik perusahaan dan intensitas inovasi tidak mempengaruhi pertumbuhan pendapatan perusahaan.
Kata kunci: karakteristik CEO, karakteristik perusahaan, intensitas inovasi, dan pertumbuhan pendapatan
SS00008150 | SK 8150 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain