Text
Hubungan multimedia learning method terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI (studi kasus di SMKN 7 Jakarta)
ABSTRAK
ZULFIKAR HABIBI. Hubungan Multimedia SQ Learning Method Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus di SMKN 7 Jakarta). Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam, Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah atau bagaimanakah Hubungan Multimedia SQ Learning Method Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI. Apakah terdapat hubungan yang positif atau justru malah terdapat hubungan yang negatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh didapatkan dari hasil observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina siswa, guru dan angket yang disebarkan kepada 15 siswa sebagai responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SQ (ESQ), Minat Belajar dan Multimedia SQ Learning Method. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Multimedia SQ Learning Method dengan Minat Belajar Siswa, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa tinggi rendahnya Multimedia SQ Learning Method akan mempengaruhi Minat Belajar siswa. Koefisien Determinasi antara kedua variabel adalah 0,58. Hal ini mengandung pengertian bahwa variabel X yaitu Multimedia SQ Learning Method memberikan kontribusi terhadap variabel Y yaitu Minat Belajar Siswa sebesar 58% dan sisanya 42% ditentukan variabel lain. Hal itu dapat dibuktikan dengan rxy = 0,76, bila diinterpretasikan ke dalam tabel nilai r maka menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Multimedia SQ Learning Method (variabel X) dengan Minat Belajar Siswa (variabel Y). Dengan nilai Koefisien Determinasi (KD) = 58% menunjukkan bahwa variabel X yaitu Multimedia SQ Learning Method memberikan kontribusi terhadap variabel Y yaitu Minat Belajar Siswa sebesar 58% dan sisanya 42% ditentukan faktor lain. Nilai rxy = 0,76 ; thitung = 4,281 > ttabel = 2,160 ; taraf signifikansi = 0,05 , dk = 13.
Kata Kunci: Indikator Minat Belajar Siswa, Multimedia SQ Learning Method.
SS00008155 | SK 8155 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain