Text
Efektivitas pelatih tujuh kebiasaan efektif manusia (seven habits of highly effective people) dalam membangun karakter (studi deskrivtif terhadap guru di sekolah dasar kreativa, Bogor
ABSTRAK
RAHMAWATI, Efektivitas Pelatihan Tujuh Kebiasaan Efektif Manusia (Seven Habits of Highly Effective People) dalam Membangun Karakter (Studi deskriptif terhadap guru di Sekolah Dasar Kreativa Bogor Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif mengenai Efektivitas Pelatihan Tujuh Kebiasaan Efektif Manusia (Seven Habits of Highly Effective People) dalam Membangun Karakter terhadap guru di Sekolah Dasar Kreativa Bogor.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Kreativa yang sudah mengikuti pelatihan Tujuh Kebiasaan Efektif Manusia (Seven Habits of Highly Effective People) sebanyak enam orang. Serta mewawancarai dua Key Informan, yaitu Instruktur pelatihan bidang pendidikan di Dunamis Foundation. Serta satu orang Expert Opinion, yaitu Drs. Herwanto, M.Psi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pelatihan Tujuh Kebiasaan Efektif Manusia (Seven Habits of Highly Effective People) membangun karakter dengan fokus pada menanamkan nilai – nilai tujuh kebiasaan pada diri pribadi yang kemudian berdampak pada lingkungan. Pendekatan yang meningkat menjadikan individu melalui skala kontinum kematangan dari ketergantungan (dependence) menuju kemandirian (independence) hingga kesalingtergantungan (interdependence).
Kata Kunci (Pelatihan, Tujuh Kebiasaan Efektif Manusia, Karakter)
Bibliografi : lembar 79-80
SS00008156 | SK 8156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain