Text
Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa (studi korelasi terhadap guru pada sekolah SMKN 1 Cilaku)
ABSTRAK
IKHSAN KURNIAWAN, Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa ( Studi korelasi pada siswa di SMK Negeri 1 Cilaku). Skripsi, Jakarta : Program studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakrta, 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang empiris mengenai hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Cilaku. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2015.
Metode yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebasnya adalah kompetensi pedagogik guru dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan samplingnya adalah dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dengan sample yang di tetapkan secara acak. Jumlah sample sebanyak 30 siswa.
Instrumen penelitian menggunakan angket yang dikembangkan dalam bentuk pertanyaan positif dan negatif. Untuk menguji kesalahan instrumen terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen penelitian, dari 30 instrumen yang diuji coba pada variabel x pada ά = 0,05 dan rtabel= 0,361 didapat 27 instrumen yang valid, 3 instrumen drop, selanjutnya dilakukan perhitungan uji reabilitas pada ά = 0,05 dan rtabel0,361 didapat nilai rii= 0,921 dan termasuk pada reabilitas instrumen tinggi. Dan pada variabel y dari 30 instrumen yang valid, 3 instrumen drop, selanjutnya dilakukan perhitungan uji reabilitas pada ά = 0,05 dan rtabel0,361 didapat rii = 0,903 dan termasuk pada reabilitas instrumen tinggi.
Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus lilieforse ( ά = 0,05 n = 30) hasil perhitungan untuk kompetensi dasar guru adalah 0,067 dan untuk motivasi belajar siswa adalah 0,100 dan L table = 0,161 karena Lhitung< Ltabelmaka data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t perhitungan penelitian ini menghasilkan 3,23 dengan ttabel= 2,05 dengan demikian H0 ditolak hasil pengujian hipotesis diatas menunjukan terdapat hubungan kompetensi pedagogic guru dengan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi,motivasi belajar siswa,pedagogik guru.
Bibliografi : lembar 55-56
SS00008157 | SK 8157 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain