Text
Evaluasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) teknologi informasi dan komunikasi (TIK) SMA di Kabupaten Bogor : penerapan evaluasi program model Robert E. Stake
EVALUASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SMA DI KABUPATEN BOGOR
(Penerapan Evaluasi Program Model Robert E. Stake)
Jajang Muslih
SMAN 1 CIBINONG
Jln. Mayor Oking Jayaatmaja No.73 Cibinong Bogor 16914
E-mail: jmuslih5@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program Musyawarah Guru Mata Pelajaran TIK SMA tahun akademik 2011/2012 sampai dengan 2012/2013. Evaluasi ini menerapkan model evaluasi dari Robert E. Stake, meliputi: antecedents, transaction, dan outcomes. Pengumpulan data dengan instrumen yaitu: angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Antecedents: secara umum kategori sedang. Ada satu aspek kategori rendah yaitu, aspek ketelibatan peserta dalam menentukan program; (2) Transaction: secara umum kategori baik. Ada beberapa aspek kategori sedang yaitu aspek rencana pertemuan minimal 12 kali dan aspek kehadiran peserta; dan (3) Outcomes: Secara umum kategori sedang. Ada satu aspek kategori rendah yaitu proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Kata kunci: MGMP, evaluasi model Stake
Bibliografi : lembar 112-114
TM00001398 | TM 1398 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain