Text
Persepsi mahasiswa sejarah terhadap kuliah kerja lapangan di jurusan sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (Studi diskriptif di program studi pendidikan sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)
ABSTRAK
DYAH JUNIASTUTI, Persepsi Mahasiswa Sejarah terhadap Kuliah Kerja
Lapangan di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas
Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai persepsi
mahasiswa Sejarah terhadap Kuliah Kerja Lapangan di Jurusan Sejarah FIS UNJ.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Oktober 2015.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2011 dan 2012
sebanyak 175 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan stratifield
proportional random sampling dengan penetapan 25 persen dari masing-masing
angkatan sehingga diperoleh 44 responden. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel
frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap
pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan tinggi. Sebanyak 39 mahasiswa (89 persen)
mahasiswa memahami bahwa Kuliah Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang
menambah wawasan dan pengetahuan tentang peninggalan-peninggalan sejarah
serta kebudayaan. Sementara itu, dalam pelaksanaannya mahasiswa cukup aktif
dalam kegiatan KKL, mulai dari membaca sumber pustaka yang relevan sebelum
melakukan observasi di lapangan, melakukan diskusi kelompok, mengadakan
pembagian tugas untuk setiap anggota kelompok, hingga mencari data di
lapangan.
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat meningkatkan motivasi belajar
mahasiswa terhadap sejarah. Sebanyak 34 mahasiswa (77 persen) tertarik untuk
melakukan observasi terhadap objek-objek sejarah lain yang belum pernah
dikunjungi. Kegiatan KKL ini menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendorong
mahasiswa utnuk belajar mandiri.
Adapun kendala yang sering ditemui di lapangan adalah perbedaan bahasa
yang digunakan oleh narasumber sehingga membuat proses pengambilan
informasisedikit terhambat. Sedangkan dalam hal tingkat kepuasan yang meliputi
akomodasi, konsumsi dan acara, secara keseluruhan menunjukkan bahwa
mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
SS00008328 | SK 8328 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain