Text
Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar simulasi digital : studi experimen pada SMKN 2 Depok kelas X program keahlian teknik audio video
ABSTRAK
Ernesta Br Ginting (5215111708). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital (Studi Eksperimen pada SMKN 2 Depok Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Konsentrasi Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Simulasi Digital di SMK N 2 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan sampel sebanyak 68 orang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitas dan reliabilitas soal. Melalui validitas 45 soal, diambil 42 soal yang valid namun hanya 30 soal yang digunakan sebagai bahan tes. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji “t” berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,85 dan ttabel sebesar 2,00 sehingga thitung >ttabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa
SS00008342 | SK 8342 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain