Text
Pengaruh pendekatan somatik, auditori, visual, intelektual dengan model pembelajaran predict, observe,explain terhadap pemahaman konsep materi sistem indera
ABSTRAK
SINGGIH KUSUMA DEWI. Pengaruh Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual dengan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Indera, Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk memberikan penjelasan dan uraian sehingga dapat merinci dan mengurangi kerumitan dalam mempelajari suatu materi dengan mengubahnya menjadi sejumlah konsep. Pemahaman konsep penting dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran untuk menganalisis dan menyintesis informasi yang didapatkan khususnya pada materi sistem indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep materi sistem indera. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2015, menggunakan metode quasi experiment dengan design penelitian Non-equivalent Control Group Post-test Design. Total sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa kelas 11 yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data nilai pemahaman konsep sistem indera diambil dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem indera.
Kata kunci : pendekatan SAVI, model pembelajaran POE, pemahaman konsep, sistem indera.
Bibliografi : lembar 68-71
SS00008306 | SK 8306 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain