Text
Relevansi mata pelajaran didaktik metodik di MA Mu'allimien Muhammadiyah Leuwiliang Bogor
Abstrak
Skripsi ini mengkaji mengenai relevansi mata pelajaran didaktik metodik (Ilmu Keguruan) di MA Mu’allimien Muhammadiyah Leuwiliang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana relevansi mata pelajaran Ilmu Keguruan bagi siswa MA (SMA). Di mana mata pelajaran ini termasuk pada mata pelajaran muatan lokal di MA Muallimien Muhammadiyah. Adapun tujuan diadakannya mata pelajaran ini adalah untuk mencetak tenaga pendidik, hal ini merupakan salah satu tujuan dari organisasi Muhammadiyah. Keberadaan mata pelajaran Ilmu Keguruan di MA Mu’allimien Muhammadiyah Leuwiliang, memiliki sejarah yang panjang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor sosial yang melatar belakangi. Mata pelajaran ini dibuat dan dipertahankan dengan tujuan untuk menciptakan tenaga pendidik yang dapat mengabdi di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Namun jika dikaitkan dengan standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang terdapat dalam Permen No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi Guru, tentunya keberadaan mata pelajaran ini tidak relevan, karena untuk menjadi tenaga pendidik harus memenuhi beberapa syarat yang terkandung dalam standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Kata Kunci: Relevansi, Ilmu Keguruan, Muhammadiyah
SS00008365 | SK 8365 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain