Text
Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMKN 44 Jakarta tahun ajaran 2015-2016
ABSTRAK
WINDA IRMAWATI. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 44 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 44 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 44 Jakarta yang berjumlah 191 orang siswa dengan sampel 128 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,733 lebih besar dari ttabel sebesar 1,979. Motivasi belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,813 lebih besar dari ttabel sebesar 1,979. Secara simultan ada pengaruh antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 31,989 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,100. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,582 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 33,9%.
Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Bib liografi : lembar 114-117
SS00008314 | SK 8314 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain