Text
Strategi pencapaian visi dan misi program studi pendidikan teknik mesin (S1) Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan dasar kriteria MBNQA
ABSTRAK
Mutu suatu Program Studi di suatu perguruan tinggi perlu
ditingkatkan secara berkelanjutan (continuous improvement) karena meningkatnya
persaingan. Eksistensi suatu program studi pada perguruan tinggi dimasa
mendatang tidak hanya tergantung pada pemerintah melainkan pada kualitas kinerja
program studi tersebut. Penelitian ini menggunakan kriteria Malcolm Barlridge
National Quality Award (MBNQA) untuk Kriteria Pendidikan sebagai salah satu
model penjaminan mutu perguruan tinggi. Level kriteria ditentukan berdasarkan
evaluasi diri dengan Analisis SWOT, yang selanjutnya akan didapatkan
improvement suatu program kerja yang dipilih tanpa forum group discussion antara
Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) UNJ, Ketua Laboratorium dan
Dosen ahli untuk menaikan level selanjutnya sesuai dengan kriteria Malcolm
Barlridge National Quality Award (MBNQA). Penelitian ini menghasilkan score
793,8 dan prosentase pencapaian 80,11%. Hasil ini menunjukan bahwa Program
Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) UNJ berada pada klasifikasi Benchmark
Leader dan tergolong dalam katagori Excellent. Dan selanjutnya dalam upaya
peningkatan level diatas selanjutnya sesuai kriteria Malcolm Barlridge National
Quality Award (MBNQA) melalui evaluasi diri dengan Analisis SWOT diperoleh
improvement sebanyak 16 buah program kerja yang dipilih dan diranking sesuai
dengan skala prioritas untuk meningkatkan kinerja Program Studi Pendidikan
Teknik Mesin (S1) UNJ.
Kata kunci : MBNQA, Analisis SWOT, Skala prioritas Bibliografi : lembar 87
SS00008386 | SK 8386 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain