Text
Efektivitas penggunaan animasi manga nihonshi terhadap hasil belajar mata kuliah nihonshi pada mahasiswa semester 1 jurusan bahasa jepang fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Jakarta tahun ajaran 2015-2016
ABSTRAK
DONI ARIFIANTO. 2015. Efektivitas Penggunaan Animasi Manga Nihonshi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Nihonshi Pada Mahasiswa Semester 1 Tahun Ajar 2015/2016 Jurusan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jurusan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Didalam sebuah materi sejarah, terdapat unsur-unsur penting yang menjelaskan mengenai terbentuknya sejarah tersebut. Unsur-unsur tersebut meliputi tokoh sejarah, waktu terjadinya suatu kejadian, kronologis peristiwa sejarah, dan yang lainnya. Hal tersebut menjadi bahan materi sejarah yang sulit dihapal maupun dipahami bagi pembelajar, apabila kurang tepat dalam memilih metode maupun media untuk menyampaikan materi pembelajaran dikhawatirkan dampak yang akan timbul adalah pembelajaran menjadi membosankan dan kurang menarik. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti mengenai media yang menarik dalam menjelaskan materi sejarah, dalam hal ini media tersebut berupa film animasi yang berjudul Manga Nihonshi.
Manga Nihonshi adalah serial animasi Jepang yang bercerita mengenai sejarah Jepang sejak lahirnya peradaban di Jepang hingga berakhirnya zaman Edo atau mulainya restorasi Meiji. Melalui film animasi Manga Nihonshi pembelajar dapat melihat dengan jelas peristiwa penting sejarah Jepang secara menarik, disertai penjelasan oleh peneliti untuk membimbing agar tidak menjauh dari proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dan desain Posttest Only Control Design, sampel penelitian berjumlah 52 orang yaitu 26 orang pada kelas A sebagai kelas kontrol dan 26 orang pada kelas B sebagai kelas eksperimen.
Penelitian ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan di setiap kelas. Hasil penelitian yang diperoleh dari proses analisis data menunjukkan bahwa penggunaan animasi Manga Nihonshi pada mata kuliah Nihonshi mahasiswa semester 1 tahun ajar 2015/2016 Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta, terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam memahami materi sejarah Jepang. Dijelaskan secara rinci yaitu rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 65,15 dan pada kelas eksperimen sebesar 80,15. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan rincian nilai ttabel 5% = 2,008559 dengan db = 50 dan nilai thitung = 2,508 maka H0 ditolak dan HK diterima.
Kata kunci: Efektivitas, Animasi, Manga Nihonshi, Hasil Belajar, Nihonshi
ABSTRACT
DONIAr i f i ant o.2015.Ef f ec t i v enes sAgai ns tUs eofAni mat i onMangaNi hons hi Lear ni ngRes ul t sSub j ec t sNi hons hiOnSt ud entSemes t er1YearFes t i v e 2015/ 2016Dep ar t mentofJap anes eLanguageandAr t sFac ul t yoft heSt at e Uni v er s i t yofJakar t a.Thes i s ,Dep ar t mentofJap anes eLanguageandAr t s Fac ul t yoft heSt at eUni v er s i t yofJakar t a.
I namat t erofhi s t or y ,t her ear ei mp or t antel ement st hatexp l ai nt hehi s t or y oft het hef or mat i on.Thes eel ement si nc l ud ehi s t or i c alf i gur es ,t i meof oc c ur r enc eofanev ent ,c hr onol ogi c alhi s t or yofev ent s ,andot her s .I ti sa mat t erofhi s t or i c almat er i alwhi c hi sd i f f i c ul tt omemor i zeandund er s t and f orl ear ner s ,i fl es sp r ec i s ei ns el ec t i ngmet hod sandmed i at od el i v erl ear ni ng mat er i alf ear edt hei mp ac tt hatwi l lar i s ei sl ear ni ngb ec omesd ul land unat t r ac t i v e.Ther ef or e,r es ear c her swant edt oexami net hemed i ai nt er es t i nexp l ai ni ngt hehi s t or i c almat er i al ,i nt hi sc as et hemed i ai nt hef or mof ani mat edf i l mt i t l edMangaNi hons hi .
Ni hons hiMangai st heJap anes eani mat eds er i est hatt el l sab outt hehi s t or y ofJap ans i nc et heb i r t hofc i v i l i zat i oni nJap anunt i lt heendoft heEd op er i od ort heb egi nni ngoft heMei j ir es t or at i on.Thr oughMangaani mat edf i l ms Ni hons hil ear ner sc ans eec l ear l yi mp or t antev enti nJap anes ehi s t or yi nan i nt er es t i ng,ac c omp ani edb yexp l anat i onsb yr es ear c her st ogui d es oasnott o getawayf r om t hel ear ni ngp r oc es s .Thi ss t ud yus esTr ueExp er i ment al Des i gnandd es i gnPos t t es tOnl yCont r olDes i gn,s amp l e52p eop l ewi t h26 p eop l ei nt hec l as sAasac ont r olgr oupand26p eop l ei nt hec l as sBasac l as s exp er i ment .
Thi ss t ud ywasp er f or medf i v et i mesateac hc l as smeet i ng.Ther es ul t s ob t ai nedf r om t heanal y s i soft hed at as howst hatt heus eofani mat i on MangaNi hons hiNi hons hic our s eont eac hi ngs t ud ent soft he1s thal fy ear 2015/ 2016Jap anes eLanguageDep ar t ment ,St at eUni v er s i t yofJakar t a,has p r ov enef f ec t i v ei ni mp r ov i ngs t ud entl ear ni ngout c omesi nund er s t and i ng t hemat er i alhi s t or yofJap an.Exp l ai nedi nd et ai lwhi c hi st heav er agev al ue of65. 15p os t t es tc ont r olgr oupandt heexp er i ment alc l as sat80. 15.The r es ul t si nd i c at et hatt hehy p ot hes i st c ount >t t ab elwi t hd et ai l st t ab l ev al ue 5%=2. 008559wi t hd b=50andav al ueoft=2. 508HKt henH0r ej ec t edand ac c ep t ed .
Key wor d s :Ef f ec t i v enes s ,Ani mat i on,MangaNi hons hi ,Lear ni ngOut c omes , Ni hons hi
Bibliografi : lembar 82-85
SS00008401 | SK 8401 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain