Text
Efektivitas teknik permainan jenga terhadap kemampuan menulis kanji pada mata kuliah hyouki IV tahun ajaran 2014-2015 jurusan bahasa Jepang Fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Dea Revianty. 2015. Efektivitas Teknik Permainan Jenga Terhadap Kemampuan Menulis Kanji pada Mata Kuliah Hyouki IV Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2014/2015 Jurusan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni UNiveritas Negeri Jakarta. Skripsi. Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Jepang merupakan negara yang menggunakan lebih dari satu jenis huruf sebagai aksara nasionalnya. Jepang menggunakan empat jenis huruf yaitu Kana (hiragana dan katakana), Kanji dan Roomaji. Penggunaan keempat jenis huruf ini saling berkaitan satu sama lain. Dalam mempelajari huruf kanji perlu dicatat bahwa kemampuan menulis kanji lebih sulit dibandingkan membaca kanji. Kesulitan mempelajari huruf kanji ditambah banyaknya cara baca, coretan dan banyaknya arti yang dimiliki oleh satu kanji yang sama. Dengan banyaknya kesulitan yang ada penting bagi pengajar untuk mempermudah kesulitan yang ada agar pembelajar bahasa Jepang mampu mengaplikasikan huruf kanji pada pembelajaran lainnya.
Salah satu teknik pembelajara yang dapat digunakan untuk mempermudah pengajaran adalah teknik permainan. Teknik permainan akan membuat pembelajar merasa rileks dan senang. Permainan yang digunakan adalah Jenga, permainan yang membutuhkan kerja sama agar tercipta interaksi sosial. Penelitian menggunakan teknik permainan Jenga bertujuan untuk mengetahui efektivitas terhadap kemampuan menulis kanji pada mata kuliah Hyouki IV tahun ajaran 2014/2015 jurusan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni dengan posttest only control design. Sampel penelitian berjumlah 32 orang dengan rincian 16 orang di kelas kontrol (kelas A) dan 16 orang di kelas eksperimen (kelas B).
Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan teknik permainan Jenga terhadap kemampuan menulis kanji pada mata kuliah Hyouki IV tahun ajaran 2014/2015 terbukti kurang efektif. Hal tersebut diketahui dari hasil uji hipotesis yaitu thitung < ttabel. Dimana thitung adalah 0,0088713 dan ttabel taraf signifikasi 5% adalah 2,05 sehingga H0 diterima dan Hk ditolak.
Kata kunci : Efektivitas, Teknik Permainan, Jenga, Kemampuan Menulis, Kanji, Hyouki.
ABSTRACT
Dea Revianty. 2015. Effectiveness of Techique of Playing Jenga Game Against Kanji Writing Ability in Subjects Hyouki IV Student Academic Year 2014/2015 Japanese Department Language and Arts Faculty of the State University of Jakarta. Essay. Japanese Language Department, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
Japan is a country that uses more than one character as a national script. Japan uses four types of letters that Kana (hiragana and katakana), Kanji and Roomaji. The use of these four types of letters are related to each other. In studying kanji should be noted that the ability to write kanji is more difficult than reading kanji. The difficulty of studying kanji plus the number of ways to read, graffiti and many meanings that are owned by the same kanji. With so many difficulties that exist is important for teachers to ease the difficulties that exist for Japanese language learners are able to apply the learning kanji on the other.
One technique that can be used to facilitate the teaching is a technique game. Mechanical games will make learners feel relaxed and happy. Games that use is Jenga, a game that requires cooperation in order to create social interaction. The study used a technique Jenga game aims to determine the effectiveness of the ability to write kanji in the course of the school year 2014/2015 Hyouki IV Japanese Studies program of the Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta.
The method used is a true experimental method with posttest only control design. These samples included 32 people with the details of 16 people in the control class (class A) and 16 in the experimental class (class B).
After analyzing the data obtained by the findings that the use of the technique of playing Jenga in the ability to write kanji in the course of the school year 2014/2015 Hyouki IV proved to be less effective. It is known from the results of testing the hypothesis that tcount
SS00008402 | SK 8402 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain