Text
Pengaruh penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis bahasa Jepang ( penelitian eksperimen terhadap siswa kelas XII MIA SMA Angkasa 2 Halim tahun ajaran 2015-2016 )
ABSTRAK
Mona Bonanza. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas XII MIA SMA Angkasa 2 Halim Perdana Kusuma Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam pembelajaran bahasa Jepang siswa kelas XII SMA Angkasa 2 Halim. Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa 60% siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan teks bahasa Jepang serta 50% siswa mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kalimat yang terdapat dalam teks bahasa Jepang. Dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Jepang, diperlukan metode yang dapat menarik minat siswa terhadap teks bahasa Jepang. Selain itu diperlukan juga metode yang dapat meningkatkan kerjasama antar siswa, toleransi, saling percaya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima keberagaman, agar tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat dimiliki oleh seluruh siswa bukan hanya untuk individu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis bahasa Jepang siswa kelas XII MIA SMA Angkasa 2 Halim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah True-Experimental, dengan menggunakan Post-Test Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Angkasa 2 Halim dengan sample penelitian yang terdiri dari dua kelompok yang diteliti yaitu kelas XII MIA 1 (kelas eksperimen) berjumlah 36 orang, menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) serta kelas XII MIA 2 (kelas kontrol) berjumlah 38 orang, menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tulis dan non-tes (angket). Hasil data post-test yang diberikan setelah dilakukan treatment sebanyak 4 kali dianalisis dengan teknik kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 7,49 dan di kelas kontrol sebesar 6,65. Setelah dilakukan Uji-t diketahui nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Hasil thitung sebesar 3,43 sedangkan hasil ttabel berdasarkan taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (db) 72 adalah sebesar 1,99. Dengan hasil thitung 3,43 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung ≥ ttabel) sehingga Hk diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode CIRC dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Jepang siswa.
Kata kunci: Metode, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Membaca dan Menulis, Bahasa Jepang
ABSTRACT
Mona Bonanza. 2015. The Effect of Using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Method toward Reading Skill and Writing Skill in Japanese (at XII grade MIA of SMA Angkasa 2 Halim Perdana Kusuma 2015/2016. A thesis, Japanese Department, Languange and Art Faculty, Jakarta State University.
The background of this research was the problem that appeared in Japanese teaching and learning process t XII SMA Angkasa 2 Halim. Based on the first research was known that 60% students have difficulty in understanding the content of Japanese text and also 50% students have difficulty in translate sentences in Japanese text. To improve reading and writing skill in Japanese, need the method that can extract student’s attention toward Japanese text. In addition, also need the method that can improve students cooperative in team each other, tolerance, believe each other listen the other opinion, accept the diversity, to make the purpose of the learning that will reached by the students can achieve for all students not for the individual. The purpose of this research is to know the effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) method toward improving student’s reading and writing skill in Japanese at XII MIA SMA Angkasa 2 Halim.
This research was quantitative approach and the kind of this research was experimental one. The design of this research was True Experimental by using Post-Test Only Control Design. The populati0n of this research in divided into 2 groups that was XII MIA 1 (Experiment Class) was 36 students, used The Effect of Using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Method, and XII MIA 2 (Control Class) was 38 students, used Team Assisted Individualization (TAI). The instrument was writing test and non-test (questioner). The result of Post-test that has been given after giving 4 times treatment was analyzed by using quantitative technic.
Based on the analysis data, post-test in Experiment class was 7,49 and in control class was 6,65. After that used the Uji-t known that tcount was higher than ttable. The result of tcount was 3,43 and ttable based on the standard significant 5% in free degree (db) 72 was 1,99. With the result tcount was 3,43 means that tcount higher than ttable (tcount ≥ ttable) then Hk accepted and Ho rejected. So it can be concluded that using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Method can give effect toward improving student’s reading and writing skill in Japanese.
Keyword: Method, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Reading Skill and Writing Skill, Japanese Languange
Bibliografi: lembar 114-116
SS00008409 | SK 8409 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain