Text
Persepsi masyarakat Betawi tentang Pendidikan tinggi (studi kasus di perkampungan budaya betawi Setu Babakan, kelurahan Srengseng Sawah kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan)
ABSTRAK
PUTRI WULAN SARI. Persepsi Masyarakat Betawi Tentang Pendidikan Tinggi. (Studi Kasus di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan). Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,2015.
Penelitian yang berjudul “Persepsi Masyarakat Betawi Tentang Pendidikan Tinggi. (Studi Kasus di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan)”untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat tentang pendidikan tinggi di Perkampungan Betawi Setu Babakan khususnya di wilayah RW 08. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran di dalam masyarakat, dimana beredar reputasi yang kurang baik mengenai masyarakat Betawi sebagai kelompok masyarakat yang malas dan berpendidikan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, studi kasus, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari informan kunci ialah Kepala Sekretariat Perkampungan Betawi Setu Babakan, Ketua RW dan Ketua RW sedangkan informan inti ialah tokoh masyarakat Betawi yang terdiri dari orang tua yang mempunyai anak yang bersekolah kelas 3 SMA/Sederajat.
Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi masyarakat Betawi tentang pendidikan tinggi di Perkampungan Budaya Betawi menganggap penting untuk diterapkan bagi anak-anaknya. Bagi mereka pendidikan tinggi merupakan bekal untuk masa depan anak yang lebih baik. Persepsi masyarakat Betawi tentang pendidikan tinggi dipengaruhi faktor personal dan faktor situasional. Pada masyarakat Betawi terdapat perbedaan mengenai persepsi tentang pendidikan tinggi pada masa lalu dengan saat ini.
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Pendidikan Tinggi, Betawi
Bibliografi : lembar 104-105
SS00008472 | SK 8472 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain