Text
Hubungan antara kepuasan pelanggan dengan retensi pelanggan Hypermart Cikarang Pusat pada warga Rw.006 Kelurahan Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi
ABSTRAK
ZAELANI ANWAR, Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan Dengan Retensi Pelanggan Hypermart Cikarang Pusat Pada Warga Rw.006, Kelurahan Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin Di Bekasi. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di RW.006, Kelurahan Karang Sambung, Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi, selama empat bulan terhitung sejak Oktober 2015 sampai dengan Januari 2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pelanggan dengan retensi pelanggan Hypermart Cikarang Pusat Pada Warga RW.006, Kelurahan Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin Di Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh warga RW.006, Kelurahan Karang Sambung, Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi. Populasi terjangkaunya adalah warga RT.03, RW.006, Kelurahan Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin Di Bekasi sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 40 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 52,75 + 0,63X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0964, sedangkan Ltabel untuk n = 40 pada taraf signifikan 0.05 adalah 0,1401. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,69 < 2,19, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,532, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 3,871 dan ttabel = 1,70. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 14,98 > 4,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,532 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 28,28% yang menunjukan bahwa 28,28% variabel retensi pelanggan ditentukan oleh kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kepuasan Pelanggan, Retensi Pelanggan.
Bibliografi : lembar 75-77
SS00008464 | SK 8464 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain